Jolie's notes

Saturday 3 August 2013

Jaga Kesehatan Mental Dengan Konsumsi Kopi

Sebuah studi terbaru dari departemen gizi Harvard School of Public Health mengungkapkan jika kafein yang terkandung di dalam kopi dapat meningkatkan neurotransmitter dalam otak seperti serotonin, dopamine dan noradrenalin. Ketiganya terbukti dapat meningkatkan mood seseorang dan bertindak sebagai antidepresan ringan bagi orang yang meminumnya.









Hal ini dibuktikan dengan mengamati 208.424 orang yang 70-80 persen diantaranya mengaku peminum kopi selama periode studi yaitu antara tahun 1988-2008.

Selama periode tersebut tercatat terdapat 277 kasus kematian akibat bunuh diri pada partisipan.

Ternyata partisipan yang minum dua-tiga cangkir kopi sehari berisiko melakukan tindakan bunuh diri 45 persen lebih rendah dibandingkan partisipan yang hanya minum satu cangkir kopi. Sedangkan partisipan yang minum lebih dari empat cangkir, kecenderungan bunuh dirinya menurun drastis sebesar 53 persen.

Peminum kopi berat (yang sanggup menghabiskan empat cangkir kopi atau lebih) juga dikaitkan dengan risiko meninggal dunia akibat kanker mulut dan kanker faring 50 persen lebih rendah ketimbang mereka yang tak mengonsumsi kopi sama sekali.

Wallahu'alam.

(DetikHealth)

No comments:

Post a Comment